Menu

Anggota DPR Sebut Harga Pangan Stabil Bukan Keberhasilan Menteri Perdagangan

  
Anggota DPR Sebut Harga Pangan Stabil Bukan Keberhasilan Menteri Perdagangan
Anggota DPR RI Firman Soebagyo (kiri) saat mengunjungi Kabupaten Pati, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. (SIMPANGTV.com)

SIMPANG5TV.com – Politisi senior Partai Golkar Firman Soebagyo yang juga anggota DPR RI menilai, harga dan stok pangan yang stabil jelang Lebaran tidak bisa diklaim sebagai keberhasilan Menteri Perdagangan semata.

Menurutnya, keberhasilan untuk menekan harga dan stok juga sudah terkendali pada lebaran tahun sebelumnya, tak hanya baru-baru ini saja.

“Keberhasilan ini merupakan bentuk dari kuatnya pemerintah dan komitmen Presiden Jokowi dalam berkoordinasi dan mengendalikan lintas sektor yang kerap jalan sendiri,” ucap Firman, Rabu (13/6).

Selain itu, keberhasilan dalam mengendalikan harga dan stok pangan tidak lepas dari peran Kementerian Pertanian yang terus meningkatkan produksi beras.

Disebut pula tim satgas pangan, komisi pengawas persaingan usaha (KPPU), dan Perum Bulog yang selalu berkoordinasi lintas sektor juga ikut berperan dalam menentukan keberhasilan pengendalian harga dan stok pangan nasional.

“Peran Perum Bulog sebagai buffer stok dan penyangga harga sangat penting. Terlebih, Perum Bulog sempat menolak kebijakan impor beras karena stok pangan nasional dinyatakan aman. Lantas, impor beras yang mencapai satu juta ton itu kepentingan siapa?” kata Firman.

Karenanya, ia memberikan apresiasi kepada Direktur Umum Perum Bulog Budi Waseso yang berani dan tegas menolak kebijakan impor beras yang sudah diputuskan Menteri Perdagangan.

Firman mensinyalir, menjelang tahun politik bisa saja ada pihak-pihak tertenntu yang memanfaatkan isu lebaran dan kelangkaan stok pangan agar izin impor beras dikeluarkan.

“Kami mengingatkan kepada satgas pangan harus tetap waspada terhadap mafia pangan, karena dari sumber yang bisa dipercaya, mafia pangan rekanan bulog sudah enggan bermitra dengan bulog setelah Budi Waseso menjadi dirut,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan kepada Menteri Pertanian agar tidak menyerah dalam menghadapi mafia pangan yang permainannya merasa terganggu. Pasalnya, ada jutaan petani yang perlu diselamatkan. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional