Menu

Biaya PTSL Cuma Rp 113 Ribu, Sriyatun: Perangkat Desa Sudah Dapat Siltap dan Bengkok

  
Biaya PTSL Cuma Rp 113 Ribu, Sriyatun: Perangkat Desa Sudah Dapat Siltap dan Bengkok
Bupati Pati Haryanto berfoto bersama usai menyerahkan sertifikat program PTSL di Desa Kedungwinong, Sukolilo, Pati, Kamis (21/2). (SIMPANG5TV.com/Lismanto)

SIMPANG5TV.com – Sebanyak 750 warga Desa Kedungwinong, Sukolilo, Pati menerima sertifikat tanah program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di balai desa setempat, Kamis (21/2).

Sertifikat tersebut diserahkan langsung Bupati Pati Haryanto kepada warga Kedungwinong. Ribuan warga yang menerima sertifikat tanah pun menyambut antusias.

Pasalnya, biaya sertifikasi tanah program PTSL di desa mereka cuma Rp 113 ribu. Biaya PTSL di desa ini disebut-sebut paling murah di Kabupaten Pati, bahkan diperkirakan murah se-Indonesia.

Sebab, pemerintah pusat sendiri sudah mengimbau kepada warga untuk melapor jika ada biaya sertifikat tanah yang lebih dari Rp 150 ribu. Sementara di Desa Kedungwinong berhasil menerbitkan ratusan sertifikat tanah program PTSL dengan biaya cuma Rp 113 ribu.

Kepala desa setempat, Sriyatun mengatakan, penetapan biaya PTSL yang hanya Rp 113 ribu menjadi upaya bagi pemerintah desa untuk meringankan beban masyarakat.

“Kita kerja keras dengan perangkat desa. Bapak ibu perangkat punya siltap (penghasilan tetap) dan bengkok, tidak mungkin akan menarik dari warganya,” ujar Sriyatun.

Ia merinci, biaya Rp 113 ribu untuk biaya sertifikat tanah program PTSL digunakan untuk pembelian materai, patok batas dan biaya pemberkasan.

Bupati Pati Haryanto yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada kepala desa setempat yang sudah bekerja keras untuk menerbitkan sertifikat tanah program PTSL dengan biaya yang murah.

Menurut Haryanto, Desa Kedungwinong bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di Kabupaten Pati.

“Dari respons masyarakatnya baik, biayanya cukup murah, mudah-mudahan bisa menjadi contoh bagi desa yang lain,” tandas Haryanto. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional