Menu

Diduga Kasih Uang dan Sumpah Warga Saat Arisan RT, Timses Caleg PKS Dilaporkan Bawaslu

  
Diduga Kasih Uang dan Sumpah Warga Saat Arisan RT, Timses Caleg PKS Dilaporkan Bawaslu
Warga melaporkan dugaan politik uang saat arisan RT di Kantor Bawaslu Pati, Jumat (5/4). (SIMPANG5TV.com/Lismanto)

SIMPANG5TV.com – Seorang warga, Kholisa melaporkan salah seorang timses dari PKS terkait dengan dugaan politik uang ke Bawaslu Pati, Jumat (5/4).

Kholisa mengatakan, dugaan politik uang itu dilakukan saat arisan di salah satu rumah warga Desa Payang, Kecamatan Pati. Menurutnya, seorang timses membagikan uang senilai Rp 50 ribu disertai sumpah agar warga memilih caleg yang didukungnya.

Dalam laporannya, Kholisa menyertakan video berdurasi tujuh detik. Video itu terputus setelah ditegur seorang perempuan yang membagikan uang dan menyumpah warga agar mencoblos caleg tertentu.

“Setelah warga nerima amplop uang, lalu disumpah untuk memilih caleg. Penyumpahan dilakukan satu per satu warga,” ungkap Kholisa yang saat itu mengaku hadir dalam arisan RT di Desa Payang.

Menanggapi laporan tersebut, Anggota Bawaslu Pati Suyatno mengatakan akan mengkaji aduan itu bersama dengan Sentra Gakkumdu selama tujuh hari. Jika terbukti, pihak terlapor akan dikenakan sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Kita bersama anggota Sentra Gakkumdu akan melakukan kajian bersama dalam waktu tujuh hari. Kalau terbukti akan dikenakan sanksi sesuai peraturan hukum yang berlaku,” kata Suyatno.

Sementara itu, praktisi hukum yang mendampingi pelapor, Riyanta memberikan apresiasi kepada warga yang berani melapor dugaan politik uang kepada Bawaslu. Menurutnya, apa yang dilakukan Kholisa merupakan prestasi yang harus didukung semua pihak agar pesta demokrasi dapat berjalan tanpa politik uang.

“Kita harus bangga ada warga yang berani melapor soal politik uang. Sebagai praktisi hukum yang kebetulan diminta untuk mendampingi, kami memberikan apresiasi biar pemilu ini bersih betul,” pungkasnya.

Saksikan berita selengkapnya dalam program Berita 5 pukul 19.00-19.30 WIB hanya di Simpang 5 TV. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional