Menu

DPR Ancam Pakai UU MD3 Terkait Ketidakhadiran Facebook Soal Pencurian Data

  
DPR Ancam Pakai UU MD3 Terkait Ketidakhadiran Facebook Soal Pencurian Data
Wakil Badan Legislasi DPR RI Firman Soebagyo. (SIMPANG5TV.com/Lismanto)

SIMPANG5TV.com – Perwakilan Facebook membatalkan rencana kehadiran undangan dari DPR RI untuk membahas persoalan pencurian data 87 juta pengguna Facebook secara ilegal. Pertemuan Komisi 1 DPR RI dan Facebook sebelumnya dijadwalkan pada Rabu (11/4/2018).

Sayangnya, Facebook membatalkan agenda tersebut secara mendadak. Alasannya, Facebook sedang menghadiri persidangan di Amerika.

Hal itu membuat anggota DPR RI geram. Salah satunya Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Firman Soebagyo.

Menurutnya, alasan Facebook tidak hadir secara mendadak atas panggilan dari DPR tidak bisa diterima dengan akal sehat.

“Kalau memang perwakilan Indonesia akan dilibatkan, pasti sudah ada pemberitahuan dan penjadwalan jauh-jauh hari sebelumnya dan tidak tiba-tiba. Itu alasan yang mengada-ada,” ujar Firman.

Karena itu, Firman mengaku sangat kecewa dengan ketidakhadiran perwakilan Facebook Indonesia yang akan dimintai keterangan Komisi 1 DPR RI.

“Pencurian data ini sangat meresahkan masyarakat. Kami sebagai wakil rakyat akan ambil sikap. DPR sebagai lembaga negara tidak boleh dilecehkan atas sikap arogansi perwakilan asing seperti Facebook,” tegasnya.

Firman menjelaskan, DPR saat ini sudah memiliki aturan dan dasar hukum yang kuat setelah disahkannya revisi Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3).

UU tersebut mengatur bagi siapapun yang diundang DPR untuk melakukan rapat alamah RDP atau RDPU, bila tiga kali berturut-turut tidak hadir, bisa meminta kepolisian untuk melakukan upaya paksa.

“Kalau Facebook tidak hadir selama tiga kali secara berturut-turut, maka DPR dapat gunakan instrumen hukum dengan dasar UU MD3,” ancamnya.

Firman menegaskan, sikap tegas yang diambil DPR sebagai upaya untuk menegakkan kewibawaan lembaga negara yang tidak bisa dilecehkan oleh siapapun, termasuk pihak asing. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional