Menu

Kasih Uang Pengamen dan Pengemis di Pati Didenda Rp 1 Juta

  
Kasih Uang Pengamen dan Pengemis di Pati Didenda Rp 1 Juta
Petugas Satpol PP Pati saat merazia pengemis di kawasan traffic light Joyokusumo Pati. (Istimewa)

SIMPANG5TV.com – Sebagian masyarakat masih belum tahu jika memberikan uang kepada pengamen dan pengemis di jalanan yang ada di wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, ternyata akan mendapatkan denda senilai Rp 1 juta.

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2018. Dalam Pasal 23 tentang Tertib Sosial disebutkan, setiap orang dilarang memberikan uang kepada gelandangan, pengemis, pengamen, pengelap mobil atau sejenisnya di jalan atau tempat umum.

Dalam pasal tersebut, ada sejumlah sanksi yang diterapkan bagi seseorang yang memberikan uang kepada pengemis dan pengamen. Sanksi administratif berupa teguran lisan, teguran tertulis, membuat surat pernyataan tertulis hingga daya paksa polisional berupa pengusiran.

Sanksi lain dalam pasal yang sama, antara lain uang atau barang yang diperoleh diamankan, denda administratif sebesar Rp 1 juta, termasuk pembinaan atau pengiriman ke panti rehabilitasi sosial.

Sekretaris Satpol PP Pati Imam Rifai mengatakan, saat ini pihak Satpol PP intens melakukan operasi dan razia di jalan dan tempat publik, termasuk di pertigaan atau perempatan jalan.

“Penegakan Perda ini dalam rangka mewujudkan tertib sosial di Kabupaten Pati. Terlebih, kita tahu bahwa pengemis maupun pengamen ada yang terkoordinasi. Sudah jadi profesi dengan penghasilan menggiurkan dan meresahkan masyarakat,” ucap Imam Rifai, Rabu (9/1).

Karena itu, ia mengimbau kepada warga Pati maupun warga yang melintas di wilayah Pati untuk tidak memberikan uang kepada pengemis maupun pengamen. Selain bisa dikenakan sanksi administratif, pemberi dinilai ikut berkontribusi terhadap menjamurnya pengemis dan pengamen yang dianggap dapat mengganggu ketertiban sosial. (*)

Editor:
KOMENTAR

5 Komentar

  1. Mas imo
  2. Dwi Prasetyo
  3. irul
  4. kharisma
  5. Ozz

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional