Menu

Makam Adipati Tombronegoro Diziarahi Bupati Tiap Hari Jadi Pati

  
Makam Adipati Tombronegoro Diziarahi Bupati Tiap Hari Jadi Pati
Bupati Pati Haryanto bersama istrinya menabur bunga di makam Raden Tombronegoro, Adipati Pati pertama. (Istimewa)

SIMPANG5TV.com – Makam Adipati Tombronegoro yang terletak di Kampung Kaborongan, Pati selalu diziarahi Bupati Pati setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati pada 7 Agustus 2018.

Pada momen peringatan tersebut, Bupati Pati Haryanto dan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin bersama jajarannya melakukan serangkaian ziarah, dari doa bersama hingga tabur bunga.

Haryanto mengatakan, ziarah di makam Adipati Tombronegoro sudah menjadi tradisi setiap tahunnya yang dilakukan setelah upacara peringatan hari jadi di Alun-alun Pati.

Menurutnya, ziarah dan tabur bunga di Makam Adipati Tombronegoro menjadi cara bagi pemerintah untuk menghormati jasa-jasa leluhur pemimpin Pati masa lampau.

Siapa Adipati Tombronegoro? Dia adalah sosok pemimpin Pati pertama yang disebut dalam Babad Pati.

Dia juga yang disebut-sebut dalam sejarah Babad Pati yang memindahkan pusat pemerintahan dari Kemiri ke Kaborongan.

Putra Adipati Kembangjoyo ini juga yang konon mengubah nama kadipaten “Pesantenan” menjadi “Pati” bersamaan kepindahan pusat pemerintahan dari Kemiri ke Kaborongan.

Adipati Tombronegoro diperkirakan hidup pada zaman Majapahit, sekitar abad ke-14 atau sekitar tahun 1300-an. Ayahnya, Adipati Kembangjoyo berhasil menyatukan dua wilayah yang terpisah, Paranggaruda dan Carangsoka setelah berhasil memenangkan peperangan.

Generasi selanjutnya, putra Tombronegoro, Adipati Tondonegoro disebutkan dalam Babad Pati tidak dikaruniai keturunan sehingga kepemimpinan sempat vakum.

Namun pada 1511, kepemimpinan dipegang Kayu Bralit, dilanjutkan Ki Ageng Penjawi pada 1558-an, dan Raden Sidik (Wasis Joyokusumo) pada sekitar tahun 1577-an. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional