Menu

Mengenal Lebih Dekat Sosok KH Nurohmad, Ini Nasehatnya untuk Penerus Bangsa

  
Mengenal Lebih Dekat Sosok KH Nurohmad, Ini Nasehatnya untuk Penerus Bangsa
KH Nurohmad bersama istri. (Istimewa)

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Sosok kiai kharismatik, pendiri sekaligus pengasuh Yayasan Al Isti’anah, Plangitan, Pati, Jawa Tengah, KH Nurohmad, meninggal dunia, Jumat (16/2/2018).

Selama mengasuh pondok pesantren di Plangitan, beliau aktif dalam kegiatan kepolisian.

Beliau sering mendampingi eksekutor tahanan kepolisian yang mendapatkan putusan hukuman mati. Sebab, eksekutor harus mendapatkan pendampingan agar secara mental siap bertugas.

Di sekolah yayasan Al Isti’anah yang beliau asuh, ada dua hal yang diajarkan, yakni mata pelajaran sesuai kurikulum negara dan pelajaran tambahan sesuai dengan kurikulum pondok pesantren.

Semasa hidup, kesibukan KH Nurohmad cukup padat. Terutama kegiatan pondok pesantren yang saat ini terus berkembang.

Di ponpes yang beliau asuh juga mengajarkan beragam keterampilan, salah satunya keterampilan membuat furnitur dari kayu dan mengukir.

Salah satu wejangan dari beliau, antara lain anak sekarang harus memiliki keilmuan yang tinggi. Karena hal itu yang akan bisa membangkitkan Islam. Seperti zaman dulu, Islam hebat di semua hal termasuk ilmu pengetahuan.

Beliau pernah mengatakan, modernisasi dan kebebasan menjadi sangat rentan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena itu, tunas bangsa saat ini harus dibekali dengan pengetahuan agama yang baik.

Selain itu, pengetahuan keilmuan menjadi penting agar Islam mampu kembali bangkit dan berjaya.

Berlandaskan prinsip itu, KH Nurohmad selalu menanamkan landasan kehidupan berupa salat dan landasan pengetahuan dengan membaca Alquran.

Dengan bekal itu, penerus bangsa mampu menjadikan Islam menjadi rahmat bagi bangsa dan negara. Pola pikir dan prinsip itu yang ditanamkan kepada anak dan santri KH Nurohmad.

Saat masih muda, latar pendidikan beliau dari pesantren. Beliau kemudian masuk di instansi kepolisian dan terus memberikan kontribusi dengan membina generasi penerus bangsa melalui sekolah dan pondok pesantren yang didirikannya. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional