Menu

Semalam Dapat Rp 1 Juta, Pengemis di Pati Ngaku Sepi

  
Semalam Dapat Rp 1 Juta, Pengemis di Pati Ngaku Sepi
Seorang pengemis diamankan petugas Satpol PP Pati dan mengaku meraup uang Rp 1 juta dalam semalam. (Istimewa)

SIMPANG5TV.com – Seorang pengemis asal Kecamatan Margorejo, Pati, Jawa Tengah mengaku mendapatkan uang Rp 1 juta dari aktivitas mengemis hanya dalam waktu semalam.

Hal itu diungkapkan saat diinterogasi petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati, beberapa waktu lalu.

Kendati dapat uang Rp 1 juta dari mengemis dalam waktu semalam, pengemis berinisial MC itu mengaku sepi. Padahal, jika rata-rata semalam ia mengemis dengan pendapatan Rp 1 juta, praktis dalam sebulan ia bisa meraup pundi-pundi rupiah Rp 30 juta.

Tak ayal, penghasilan pengemis itu mengalahkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) atau seorang manajer di suatu perusahaan sekalipun.

“Kita razia, dapat Rp 1.043.000. Itu hanya semalam, dan katanya masih tergolong sepi,” ujar Sekretaris Satpol PP Pati Imam Rifai saat dimintai keterangan Simpang 5 TV.

Imam menuturkan, pengemis berinisial MC terindikasi pemain profesional karena bila sudah malam, ia menelepon manajemen atau keluarganya.

“Dia pemain lama yang sering mangkal di Puri. Kita sempat amankan untuk dibina dan membuat surat pernyataan,” ucap Imam.

Target selanjutnya, Satpol PP akan mengamankan pemberi pengemis untuk dibina. Sebab, pemberi pengemis maupun pengamen di Pati saat ini bisa dikenakan Pasal 23 Perda Nomor 7 Tahun 2018 tentang Tertib Sosial.

Sementara pengemis sendiri yang terjaring razia membuat surat pernyataan bahwa dia tidak akan mengulangi perbuatan berkeliaran di jalan raya atau fasilitas umum.

Pasalnya, kegiatan tersebut dapat mengganggu ketertiban dan kententraman masyarakat di wilayah Kabupaten Pati. Jika kemudian melanggar lagi, pengemis akan dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku. (*)

Editor:
KOMENTAR

3 Komentar

  1. Xartuniz
  2. Afiq
  3. Afiq

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional