Menu

Survei: 88 Persen Responden Tidak Puas Kinerja DPRD Pati

  
Survei: 88 Persen Responden Tidak Puas Kinerja DPRD Pati
Sejumlah anggota DPRD Pati asyik bermain gadget saat pelantikan berlangsung, Selasa (27/8). (SIMPANG5TV.com)

SIMPANG5TV.com – Sebanyak 50 anggota DPRD Pati masa jabatan 2019-2024 dilantik pada Selasa (27/8) malam. Untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap anggota DPRD Pati, redaksi Simpang 5 TV membuat jajak pendapat.

Survei menggunakan fanpage Simpang 5 TV dilakukan selama 24 jam, dimulai pada Selasa (27/8) dan berakhir pada Rabu (28/8). Jajak pendapat dijangkau oleh 5.827 orang dan diikuti oleh 373 voters.

Dari 373 orang yang mengikuti jajak pendapat, 88 persen memilih tidak puas dengan kinerja wakil rakyat yang duduk di DPRD Pati selama ini. Sementara 12 persen di antaranya memilih puas.

Magister Ilmu Politik dari Universitas Diponegoro Hakim Alif Nugroho mengatakan, angka 88 persen yang memilih tidak puas dengan wakil rakyatnya sendiri menunjukkan ada jarak antara rakyat dan anggota DPRD sebagai wakil rakyat.

Artinya, anggota DPRD Pati dinilai belum mampu memberikan kinerja yang baik sebagai wakil rakyat. Sebaliknya, kinerja anggota DPRD Pati dinilai baik, hanya kalangan tertentu saja yang angkanya cuma 12 persen.

“Di era teknologi informasi seperti ini, jajak pendapat melalui Facebook cukup representatif. Meski tidak sepenuhnya bisa menjadi tolak ukur, tetapi angka 88 persen cukup menunjukkan kekecewaan yang besar dari warga kepada wakilnya di DPRD Pati, meski dari kalangan warganet,” ungkap Hakim.

Hakim berpendapat, hasil jajak pendapat tersebut menjadi tamparan keras bagi anggota legislatif di Kabupaten Pati. Ia menyarankan, hasil polling bisa menjadi cermin untuk memperbaiki kinerja ke depan.

Terlebih, hampir setengah dari anggota DPRD Pati saat ini merupakan pendatang baru. Kehadiran mereka dapat menjadi warna baru di gedung DPRD sebagai rumah rakyat, sehingga berbagai program yang dicanangkan ke depan benar-benar bermanfaat bagi rakyat. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional