Menu

Wabup Sindir Semarang? Bandeng Bukan dari Daerah Tetangga, tapi Pati

  
Wabup Sindir Semarang? Bandeng Bukan dari Daerah Tetangga, tapi Pati
Peresmian Monumen Bandeng di kawasan ujung barat Jalur Lingkar Selatan Pati. (Istimewa)

SIMPANG5TV.com – Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dalam akun Facebook miliknya menyatakan jika monumen bandeng yang baru saja diresmikan sebagai bentuk penegasan jika bandeng merupakan komoditas dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Safin juga menyindir jika “Bandeng Juwana” yang selama ini dikenal dari daerah tetangga, ternyata berasal dari Kabupaten Pati. Namun, Safin tidak menjelaskan secara rinci kabupaten atau kota mana yang dimaksud daerah tetangga.

Hanya saja sudah bukan lagi menjadi rahasia, Bandeng Juwana selama ini lebih dikenal dari Kota Semarang. Padahal, nama Juwana sendiri berasal dari Kecamatan Juwana, Pati.

“Monumen Bandeng ini diharapkan dapat menegaskan kembali bahwa Bandeng Juwana sebenarnya berasal dari Kabupaten Pati, yang selama ini dikenal dari daerah tetangga,” tulis Safin.

Ia menambahkan, bandeng menjadi salah satu sumber daya ekonomi terbesar di Kabupaten Pati. Sementara roda-roda gear yang terpasang dalam tubuh bandeng menunjukkan kerajinan kuningan yang juga berasal dari Juwana, Pati.

Kerajinan kuningan sudah lama menjadi ikon yang menjadi salah satu penggerak ekonomi warga Pati, terutama Juwana.

“Simbol mesin yang bergerak berputar dari bahan kuningan dan logam ikut menegaskan bahwa Pati selalu bergerak dinamis. Perputaran mesin menunjukkan bahwa ekonomi warga Pati terus berputar,” tambahnya.

Dengan demikian, kata Safin, anggapan Pati sebagai “Kota Pensiunan” dapat terbantahkan. Hal itu dimulai dengan pembuatan monumen bandeng yang terletak di ujung barat Jalur Lingkar Selatan Pati. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional